Pranala.co.id – Bagi umat Islam, Hari Jumat merupakan waktu yang istimewa dan penuh brokah dari semua hari dalam sepekan.

Pasalnya pada hari mulia ini, juga merupakan hari dimana Rasulullah memerintahkan umatnya untuk memperbanyak amalan sholeh. Amalan-amalan di hari jumat pun dijanjikan ganjaran pahala yang berlipat ganda

Allah SWT  banyak sekali menghadirkan kebaikan-kebaikan dan limpahan rahmat serta kasih sayangnya bagi makhluknya yang senantiaa selalu mengikuti ajaran Rasulullah. Di antara kebaikan-kebaikan itu adalah penciptaan langit, bumi, dan manusia pertama yang merupakan nenek moyang kita, Nabi Adam As.

Dari sekian banyak amalan, salah satunya yang banyak dianjurkan adalah sedekah. Karena, sedekah di hari jumat akan mendatangkan berkah yang memiliki beberapa keutamaan.

Sedekah di Hari Jumat Lebih Baik Daripada Hari Lain, Bilamana sedekah di hari jumat dibandingkan dengan hari lain, maka seperti perbandingan antara sedekah di bulan ramadhan dengan sedekah di bulan selainnya. Keistimewaan yang didaptkan pun adalah berlipatnya pahala yang didapatkan.

Budaya bersedekah pada hari jumat sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Diantaranya terdapat beberapa sekolah dan instansi pemerintah dan swasta, kebanyakan ada tradisi bersedekah di hari jumat.

Jika sedekah biasa diartikan dengan pemberian uang, maka pendapat itu tidak sepenuhnya benar, Karena apapun yang kita punya, misal makanan, minuman, atau lainnya juga bisa digunakan untuk bersedekah.

Berbagai keistimewaan yang tentunya dapat dimiliki seorang muslim apabila tengah melaksanakan ibadah dalam hal ini bersedekah dihari yang mulia ini beberapa  keistimewaan bersedekah di hari jumat antaralain, Pahala Berlipat Ganda, Memperkuat Iman, Memberi Berkah Rezeki dan Keluarga, Memperkuat Tali Silahturahmi, Amalan yang  begitu Mulia, Dilimpahkan Karunia, Sedekah Akan Dibalas 700 Kali Lipat oleh Allah.

Ibadah merupakan suatu bentuk pengabdian yang sudah seharusnya dilaksanakan seorang muslim  pada Allah SWT. Salah satunya adalah bersedekah dengan niat ibadah di hari Jumat pada Allah. Dengan begitu,  akan semakin memupuk keimanan seseorang pada Allah SWT.  Namun yang perlu diingat, meski sedekah di hari jum’at mempunyai banyak keutamaan, bukan berarti kita jadi menyepelehkan sedekah di hari lain.

%d blogger menyukai ini: