Pranala.co.id-Upaya dan kerja keras keluarga besar Madrasah Aliyah (MA) Miftahul Huda Kwandang Kab. Gorontalo Utara, untuk mewujudkan pembangunan Mesjid yang representatif di sekolahnya, akhirnya membuahkan hasil.

Hal itu ditandai dengan selesainya pembangunan Mesjid yang berlokasi di halaman depan madrasah Aliyah swasta satu-satunya di Gorontalo Utara ini.

Kepala Madrasah, Rusmin Panggato kepada media ini menuturkan rasa syukurnya yang mendalam atas selesainya pembangunan Mesjid yang diberi nama Mesjid Al Jariyah Miftahul Huda ini.

Ia juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tak terhingga kepada siswa-siswi MA Miftahul Huda, para orang tua siswa, warga masyarakat sekitar dan segenap dermawan yang tidak dapat disebutkan satu per satu yang telah mengulurkan bantuannya secara ikhlas bagi pembangunan Mesjid ini.

Foto Istimewah

Menurutnya, dengan selesainya pembangunan Mesjid ini, maka ke depan, para siswa dan siswinya tidak lagi menggunakan ruang belajar untuk Sholat dan mengaji dan akan lebih bergairah lagi dalam melaksanakan pengajian maupun kajian keagamaan dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya.

Selain itu, warga masyarakat yang berada di sekitar Mesjid, ke depan tidak lagi menempuh perjalanan yang cukup jauh ke jalan raya Desa Leboto untuk menunaikan sholat lima waktu maupun sholat Jumat dan sholat Tarwih Saat bulan suci Ramadhan tiba.

Di tengah rasa syukurnya yang mendalam itu, Kepala Madrasah Rusmin Panggato, lebih lanjut menceritakan perihal awal mula pembangunan Mesjid ini yang sungguh hanya bermodalkan keberanian untuk memulai pembangunan fondasi tanpa ada dana sepeserpun di tangan.

Foto istimewah

Saat itu, selaku Kepala Sekolah, ia menggalang dana yang seikhlasnya dari para guru dan pihak yayasan yang akan digunakan untuk pembangunan fondasi. Sementara dana pembelian pasir, batu dan material lainnya bersumber dari dana bantuan sahabat Facebook yang berhasil dihimpun oleh pihak madrasah.

“Syukur Alhamdulillah guru-guru madrasah saya, pihak yayasan dan sahabat fb ikhlas untuk membantu” ” ucapnya.

Yang penting itu ungkap Rusmin Panggato, fondasi dulu yang harus dibangun untuk memantik semangat dalam menggalang dana bagi kelanjutan pembangunannya.

Upaya lainnya yang dilakukan pihak Madrasah, diantaranya menugaskan beberapa siswa di luar jam pelajaran sekolah untuk menjalankan kotak amal dalam rangka menghimpun dana dari para dermawan yang ikhlas ingin menyumbangkan berapapun nilainya bagi biaya pembangunan Mesjid ini.

Foto Istimewah

Pihak madrasah, juga dengan bermodalkan proposal , mengajukan permohonan yang ditujukan kepada beberapa dermawan dan instansi-instansi tertentu untuk mengulurkan bantuan bagi pembangunan Mesjid ini.

Untuk itu Kepala Sekolah yang menyandang gelar sebagai Magister Pendidikan ini tidak henti-hentinya bersyukur, karena berbagai upaya kerja keras dan ketelatenan pihak madrasah tidaklah sia-sia.

Yang paling menentukan ujar Rusmin Panggato, terjadi pada 5 Agustus 2022 saat Anggota Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo, Ustad Yasin Usman Dilo, tiba-tiba berkunjung ke sekolah ini, sekaligus untuk melakukan survey lokasi pembangunan Mesjid.

Kedatangan Anggota DPRD yang selama ini dikenal konsen dalam kegiatan keislaman tersebut, disambut gembira oleh warga madrasah,, karena impian dan harapan mereka untuk membangun dan memiliki mesjid yang representatif akan segera terwujud.

Benar saja, apa yang menjadi harapan mereka menjadi kenyataan, karena saat itu juga, Ustad Yasin Usman Dilo siap membantu pembangunan Mesjid ini hingga selesai.

Mendengar hal itu, para guru, tata usaha dan siswa-siswi termasuk warga sekitar dengan penuh haru, seraya bersyukur dan bersuka cita menyambut baik uluran tangan Ustad Yasin Usman Dilo tersebut, karena tidak akan lama lagi Mesjid yang selama ini mereka dambakan akan segera terwujud.

Terhitung sejak kunjungan itu, maka tanggal 15 Agustus 2022 proses pekerjaannya sudah dimulai yang ditandai dengan peletakkan batu pertama oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Gorontalo Utara Yudin Moonti.

Foto Istimewah

Setelah peletakkan batu pertama, pekerjaan Mesjid ini benar-benar dipacu. Buktinya tidak sampai sebulan lamanya, yakni pada 13 September 2022, proses pembangunan mesjid itu akhinya selesai dikerjakan.

Untuk itu, atas nama keluarga besar Madrasah Aliyah Miftahul Huda Kwandang, Rusmin Panggato, secara khusus menyampakan terima kasih kepada Ustad Yasin Usman Dilo yang telah membantu dengan ikhlas pembangunan mesjid ini hingga selesai.

Pihak sekolah ungkap Rusmin Panggato,,tidak akan mampu membalas kebaikan dan uluran tangan para dermawan, melainkan hanya bisa bermunajat agar segala bantuan dan keikhlasan para dermawan, termasuk uluran tangan Ustad Yasin Usman Dilo dapat bernilai ibadah di hadapan Allah SWT.

Sementara itu, seiring selesainya pembangunan Mesjid ini, maka seluruh staf dewan guru, tata usaha dan para santri melaksanakan doa syukuran yang turut dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Gorontalo Utara, Yudin Moonti didampingi Agus Madinah dan beberapa pejabat teras Kantor Kemenag Kab. Gorut.

Kini mesjid yang menjadi dambaan seluruh warga madrasah dan masyarakat sekitar yang diupayakan dengan penuh semangat kebersamaan dan kerja keras itu akhirnya telah terwujud.

Sembari mengutip sebuah pepatah, “di mana ada kemauan di situ ada jalan”, Rusmin Panggato terus bertekad untuk terus berkomitmen dengan sungguh-sungguh dalam memperjuangkan berbagai fasilitas Yang dibutuhkan oleh institusi yang dipimpinnya itu di masa-masa mendatang.(NN)

%d blogger menyukai ini: