Pranala.co.id – Sekertaris Jendral (Sekjen) Lingkar Temu Kabupaten Lestari ( LTKL) Nelson Pomalingo mengatakan, Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) adalah asosiasi pemerintah kabupaten untuk gotong royong mewujudkan lingkungan terjaga & masyarakat sejahtera dan merupakan kaukus pembangunan lestari dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI).

Bupati Gorontalo itu mengatakan, sejak diluncurkannya Visi Ekonomi Lestari pada awal tahun 2020, LTKL terus mendorong upaya pengembangan produk turunan berbasis alam dengan semangat gotong royong.

Pada Rapat Umum Anggota (RUA) 2019 menyepakati bahwa LTKL akan menyelenggarakan Festival Kabupaten Lestari (FKL) sebagai acara rutin setiap tahunnya.

Festival ini merupakan perayaan bersama dan ajang promosi, komunikasi, dan gotong royong bagi kabupaten anggota LTKL dan mitra pembangunan atas perkembangan implementasi visi ekonomi lestari di kabupaten.

FKL telah sukses diselenggarakan sebanyak tiga kali, yaitu pada 2018 FKL di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan; pada 2019 di Kabupaten Siak, Riau; dan pada 2020 di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Lanjut Nelson, sebagai kesepakatan tuan rumah festival akan berganti tiap tahunnya, maka di tahun 2021 Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango menjadi tuan rumah Festival Kabupaten Lestari keempat.

“Festival Kabupaten Lestari 2021 mengusung tema Merangkai Identitas Lestari,” kata Nelson.

Pelaksanaan Festival LTKL Di Gorontalo dilaksanakan mulai 23-28 November 2021 dengan menggabungkan dua konsep acara, yaitu secara daring dan luring.

Program yang akan hadir dalam FKL 2021 adalah Obrolan Lestari, Temu Inovasi Lestari, Irama Lestari, Telusur Kabupaten, Telisik Budaya, dan Sustainable Culinary Journey.

“Rangkaian acara tersebut selain melibatkan pemerintah kabupaten, juga melibatkan pemerintah nasional, mitra pembangunan, akademisi, swasta, LSM, dan kaum muda,” jelas Nelson.

Seperti diketahui, pada tanggal 21 Juli 2017, forum kolaborasi yang dibentuk dan dikelola oleh pemerintah kabupaten untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan resmi dideklarasikan dengan tajuk Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL).

LTKL yang merupakan kaukus pembangunan lestari dari APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) sampai dengan Juli 2021 telah memiliki 9 kabupaten aktif dan 24 jejaring mitra.

Pada Rapat Umum Anggota (RUA) LTKL 2019 menyepakati bahwa LTKL akan menyelenggarakan Festival Kabupaten Lestari (FKL) sebagai acara rutin setiap
tahunnya.

Pada 2018 yang lalu, FKL telah sukses diselenggarakan di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan; pada 2019 di Kabupaten Siak, Riau; dan pada 2020 di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Sebagai kesepakatan tuan rumah festival akan bergantian setiap tahunnya, maka di tahun 2021, Kabupaten Gorontalo bersama Kabupaten Bone Bolango menjadi tuan rumah Festival Kabupaten Lestari keempat.

Editor : Mira

Pewarta : Agung Nugraha

%d blogger menyukai ini: