Pranala.co.id- Berdasarkan Indeks penilaian Kementerian Komunikasi dan Informatika Ri bersama Katadata Insight Center (KIC), Provinsi Gorontalo berhasil meraih predikat terbaik dalam aspek keamanan digital se Indonesia.

Hal itu diperoleh dari penilaian dan riset hasil survei “Status Literasi Digital Nasional 2021” di 34 provinsi. Hasilnya, Gorontalo menjadi provinsi dengan keamanan digital terbaik pada 2021.

Dilansir dari databoks.katadata.co.id, Rabu (10/8) Provinsi Gorontalo berada di rangking pertama disusul Provinsi Papua Barat, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, DI Yogyakarta, Kepulauan Bangka Belitung, Papua, Riau, Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Timur, Lampung, Sulawesi Barat, Bengkulu, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Bali, Aceh, Kalimantan Selatan, dan Maluku.

Foto Istimewa

Literasi digital dalam survei ini diukur menggunakan 4 pilar, di antaranya digital skills (kecakapan digital), digital ethics (etika digital), digital safety (keamanan digital), dan digital culture (budaya digital).

Menurut laporan tersebut, provinsi Gorontalo mendapatkan skor tertinggi untuk pilar digital safety di antara provinsi lainnya di Indonesia, yakni 3,59 dari skala 1-5. Skor tersebut bahkan di atas rata-rata nasional yang sebesar 3,1. Pilar digital safety dalam laporan tersebut didefinisikan sebagai kemampuan pengguna internet dalam melindungi data pribadi.

Dari 34 provinsi di Indonesia, mayoritas atau 23 provinsi mendapatkan skor pilar digital safety di atas rata-rata skor secara nasional. Sementara 11 provinsi lainnya mendapatkan skor di bawah rata-rata nasional. Adapun Maluku Utara tercatat memiliki skor pilar digital safety terendah, yaitu 2,74.

Artinya, kemampuan masyarakat Maluku Utara dalam hal keamanan digital menjadi yang paling rendah di antara provinsi lainnya di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Gorontalo Masran Rauf mengatakan, prestasi ini menjadi bagian terpenting dari apa yang telah dilakukan dalam semua hal termasuk Program Gorontalo Digital.

Menurutnya, prestasi ini juga tidak terlepas dari peran serta masyarakat yang demikian erat dan mampu bersinergi dengan pemerintah Provinsi dalam mewujutkan Transpormasi Digital di Gorontalo.

” Berkat peran serta masyarakat dan pemerintah, menjadikan Daerah kita, terdepan dan terjaga keamanan Digital sesuai penilaian Kementrian Kominfo RI,” Ungkap Masran.(Rilis)

%d blogger menyukai ini: