Pranala.co.id, Gorontalo – Sebanyak 11 desainer menampilkan busana karawo hasil rancangannya pada fashion show Hulonthalo Art & Craft Festival (HACF), di Grand Palace Convention Center, Kota Gorontalo, Jumat (15/7/2022). Fashion show juga dimeriahkan dengan penampilan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Gorontalo dan kabupaten/kota.

“Kain karawo di tangan 11 desainer berubah menjadi sebuah produk fashion yang trendi dan sangat khas. 115 busana karawo hasil kreasi desain para desainer sangat indah dan unik,” ungkap Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo, Gamaria Purnamawati Monoarfa, dalam sambutannya pada kegiatan itu.

Gamaria mengatakan, sebagai warisan budaya yang tak ternilai, sudah sepatutnya seluruh masyarakat berperan serta dalam melestarikan karawo. Gamaria menekankan, karawo harus digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat mulai dari anak-anak hingga dewasa, serta terus dipopulerkan ke tingkat nasional bahkan internasional.

“Saya mengajak seluruh masyarakat terus mendukung gerakan bangga buatan Indonesia, salah satunya dengan bangga pakai karawo,” ujarnya.

Lebih lanjut istri Penjabat Gubernur Gorontalo itu juga mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang terus berupaya mempromosikan karawo. Gamaria bahkan bertekad, busana karawo bisa kembali ditampilkan pada Indonesia Fashion Week tahun 2023 dan fashion show internasional.

“Keunikan dan keindahan karawo ini sudah diminati oleh kalangan luar negeri. Desainer Tethuna sudah membuktikannya pada fashion show di Turki tahun 2021. Tahun ini bahkan sudah tampil pada pagelaran Dubai Expo dan Leaddress di Paris, Prancis. Tahun depan kita harus ikut Indonesia Fashion Week,” tandasnya.(Rilis)

%d blogger menyukai ini: