Pranala.co.id-Kabupaten Gorut Pernah meraih Rapor hijau dalam aspek Pelayanan Publik tahun 2021 lalu di Provinsi Gorontalo, Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu, Rabu (10/8), didaulat oleh Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Provinsi Gorontalo untuk tampil menjadi pemateri, guna berbagi pengalaman, bagaimana kiat, konsep dan strategi yang dikembangkan Pemerintah Kab. Gorontalo Utara selama ini dalam meningkatkan kualitas layanan publik.

Pada kegiatan yang dipusatkan di Grand Q Hotel Kota Gorontalo itu, Bupati Thariq Modanggu memaparkan berbagai instrumen yang dilaksanakan dan diterapkan oleh Pemerintah Kab. Gorontalo Utara dalam meningkatkan kualitas layanan publik selama ini.

Dijelaskannya, kualitas layanan publik berawal dari kesadaran aparatur pemerintahan terhadap pentingnya memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Dengan kesadaran itu ungkap Bupati yang berlatarbelakang akademisi itu, maka jiwa dan mentalitas pengabdian akan tumbuh mekar dalam sanubari seluruh aparatur pemerintahan.

“Aspek kesadaran dan jiwa pengabdian itu dulu yang patut ditumbuh kembangkan di kalangan aparatur, setelah itu baru berbicara tentang SOP dan instrumen pelayanan publik lainnya” jelasnya.

Selain itu menurutnya, Pemerintah Kab. Gorontalo Utara selama ini, melakukan beberapa kebijakan dan terobosan baru yang menjadi Wahana bagi aparatur untuk meningkatkan kinerjanya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Ia mencontohkan, tidak lama setelah dilantik menjadi Bupati definitif, Gorontalo Utara mencanangkan Program “Motabi Kambungu” yang diharapkan menjadi babak baru bagi masyarakat untuk memperoleh layanan prima dari pemerintah daerah.

Saat ini dan ke depan ungkap Bupati Thariq, program Motabi Kambungu terus dilaksanakan di setiap kecamatan untuk menyapa warga Gorontalo Utara dengan berbagai layanan pemerintahan, seperti layanan administrasi kependudukan, pelayanan kesehatan, perizinan dan aspek layanan publik lainnya

Lebih lanjut Bupati Thariq Modanggu menjelaskan, program Motabi Kambungu merupakan salah satu bentuk inovasi dan terobosan Pemerintah Kab. Gorontalo Utara dalam meningkatkan kualitas.layanan publik sebagai bagian dari pemenuhan hak-hak masyarakat untuk mendapatkan layanan pemerintahan.

Melalui program ini juga, aparatur pemerintahan dalam hal ini Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak hanya menunggu di belakang meja, tapi berupaya “menjemput bola” sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan pemerintahan.

Yang jelas menurut Bupati Thariq, Pemerintah Kab. Gorontalo Utara akan terus berkomitmen untuk meningkatkan dan memperbaiki aspek pelayanan publik sebagai wujud kesadaran pemerintah daerah, bahwa pelayanan publik merupakan esensi dan intisari keberadaan pemerintahan, yakni menjadi fasilitator dan dinamisator di tengah kehidupan masyarakat. (MM)

%d blogger menyukai ini: