Pranala.co.id-Upaya pengusaha muda Gorontalo, Yusuf Olii yang terus mendorong gerakan menanam Kacang Tanah dan telah mendatangkan pihak Buyer Kacang Tanah Gorontalo, mulai menuai respon dan apresiasi dari berbagai pihak

Diantaranya, dari Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Bakti, Samsudin Rasid dan anggota kelompok tani lainnya di Desa ini.p

Dihubungi di kediamannya di Desa Bakti, Kamis (22/9), Samsudin Rasid menuturkan, tidak hanya desa Bakti, seluruh desa di Pulubala bahkan sebagian besar desa di kecamatan tetangga Kec. Tibawa, sangat berpotensi menjadi lumbung Kacang Tanah di Gorontalo. Bahkan lebih dari itu, Kacang Tanah bisa saja menjadi Komoditas unggulan pada 2 kecamatan ini.

Menurutnya, sebelum jagung menjadi trend di Gorontalo, masyarakat petani di Pulubala dan Tibawa, lebih tertarik menanam Kacang Tanah sebagai komoditas unggulan mereka.

Sementara tanaman lain, seperti jagung dan tanaman palawija lainnya hanya sebagai sampingan yang cukup untuk konsumsi saja.

Oleh karena itu, upaya untuk mengembalikan kejayaan Kacang Tanah di wilayah ini, patut didukung oleh elemen petani ternasuk pemerintah daerah.

Meski demikian, menjadikan Kacang Tanah sebagai komoditi unggulan bukan berarti meninggalkan sama sekalj tanaman lainnya seperti Jagung, akan tetapi menjadikan Kacang tanah sebagai alternatif yang layak dilirik karena prospeknya yang lebih menguntungkan.

Gerakan menanam Kacang Tanah dengan begitu, bukan mengalihkan kecenderungan petani dari jagung ke Kacang Tanah, tapi mengembalikan secara perlahan kejayaan Kacang Tanah di Gorontalo yang kelak dapat berkontribusi bagi peningkatan kesejahteraan petani.

Lagi pula, menanam Kacang Tanah memberikan dampak positif terhadap kesuburan tanah karena memang tanaman ini mengandung unsur hara yang penting dalam mempertahankan kesuburan tanah.

Hanya saja harus diakui, dibandingkan dengan Jagung, menaman Kacang Tanah membutuhkan tenaga dan perhatian yang ekstra, akan tetapi kerja keras itu tidak akan sia-sia karena harga jualnya juga yang sangat kompetitif.

Olehnya, sebagai Ketua Gapoktan, Samsudin Rasid menuturkan siap mendorong petani untuk menanam Kacang Tanah. Apalagi dengan jaminan bahwa produksi petani pasti akan dibeli oleh pihak buyer, maka hal itu akan membangkitkan semangat petani untuk menanam kacang tanah.(NN)

%d blogger menyukai ini: