Pranala.co.id (Polda Gorontalo) – Akibat Hujan dengan intensitas tinggi beberapa hari terakhir mengakibatkan Provinsi Gorontalo mengalami bencana banjir dan tanah longsor.

Tidak hanya banjir yang menerjang beberapa kelurahan di Gorontalo, di Kabupaten Bone Bolango Wilayah Kecamatan Suwawa Timur sempat mengalami tanah longsor.

Adanya bencana tersebut membuat Tim SAR Ilato Brimob Gorontalo gerak cepat turun ke lokasi guna mengevakuasi warga yang terdampak serta membersihkan material longsor serta pohon tumbang yang menutupi badan jalan. Jum’at (03/7/2020)

Kompol Zulkarnain S.I.K Danyon Batalyon B Pelopor mengatakan, saat crew akan melintasi jalanan di kecamatan suwawa timur, terjadi longsor yang diakibatkan oleh hujan terus menerus.

“Melihat hal tersebut kami segera membersihkan pohon yang tumbang dan sisa material longsor yang menutupi badan jalan, agar akses jalan bisa dilalui kembali. Upaya ini dibantu oleh masyarakat setempat, dan akhirnya bekas longsor tersebut yang menghalangi jalan bisa dibersihkan dan akses lalu lintas kembali normal,” terang Zulkarnain.

Pembersian material longsor oleh Tim Ssar Ilato Brimob Polda Gorontalo.

Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol. Wahyu Tri Cahyono, S.I.K ditempat terpisah mengatakan bahwa, bencana alam tidak bisa dicegah namun kita dapat menaggulanginya, sehingga dapat meminimalisir dampak negatif dari bencana alam tersebut.

Lanjutnya, Pohon tumbang dan banjir merupakan bencana alam dan tidak bisa dipungkiri, bencana alam merupakan suatu bentuk sistem ekosistem yang berlaku.

“kita sebagai manusia hanya bisa menanggulangi sehingga tidak terjadi kerugian materiil atau korban,” Tandasnya. (Rls/polda)